Ayam Goreng Jawa “Mbah Cemplung”

Jika saya bertanya kepada anda, “Ayam goreng yang enak di Jogja dimana?”, kemungkinan besar anda akan menjawab Ayam Goreng Ny. Suh*rti yang memang sudah kondang. Namun apakah anda pernah mendengar tentang Ayam Goreng Jawa “Mbah Cemplung”? Meskipun saya (bisa dikatakan) orang Jogja, tapi saya juga belum pernah mendengar tentang tempat makan ini. Sampai suatu ketika, saat perjalanan menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo yang berlokasi di Bantul, seorang teman menyarankan “Mampir makannya di tempat Mbah Cemplung aja biar searah”, katanya.

Awalnya tentu saja saya bertanya-tanya itu tempat makan apa, menunya apa, lokasinya dimana karena belum pernah mendengar tentang tempat tersebut sebelumnya. Dan memang, tempatnya bukan terletak di tengah keramaian. Malah bisa dikatakan agak mblusuk.

Sekilas dilihat, tempat makannya pun kelihatan masih sederhana, jowo bangetlah, meskipun tempatnya tergolong cukup luas. Terdapat pilihan meja bangku atau meja rendah untuk bersantap secara lesehan. Dan yang tak disangka-sangka, di tengah konsepnya yang sederhana, tempat makan tersebut ternyata juga menyediakan live music akustik untuk pengiring makan. Entah itu memang digelar secara reguler, atau kami saja yang beruntung dapat menyaksikan live music tersebut.

Ayamnya Juara

Kami memesan satu porsi ayam kampung utuh, atau kalau di jawa disebut ‘ingkung’. Tak lupa saya juga memesan wedang uwuh, minuman yang berasal dari berbagai campuran rempah-rempah dan dedaunan yang sekilas mirip kumpulan sampah (uwuh), yang memang berasal dari daerah ini. Dan ternyata rekomendasi teman saya untuk makan di tempat ini tidak salah. Ayamnya rasanya gurih dan tidak keras alias empuk. Konon katanya ayamnya direbus dua kali. Resep rahasia warisan dari mbah cemplung yang diaplikasikan ke dalam sajian ayam goreng disini dapat mempertegas perbedaan rasa yang jelas antara ayam kampung dan ayam negeri. Btw, cemplung disini mengacu kepada nama daerah di sana. Meskipun harus sedikit menjelajahi Bantul untuk sampai di tempat ini, tapi worthed lah untuk mencicipi ayam goreng jawa ‘Mbah Cemplung’ ini.

Lokasi

Mbah Cemplung Javanese Fried Chicken
Sendang Semanggi, RT.05,
Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayam Goreng Jawa “Mbah Cemplung”

Ayam Goreng Jawa “Mbah Cemplung”