Sate Klathak Pak Pong

Sate identik dengan potongan daging kecil yang ditusuk. Umumnya, tusukan menggunakan bambu yang sudah diruncingkan ujungnya sedemikian rupa sehingga dapat menusuk potongan daging tersebut. Pun demikian dengan Sate Klathak. Bedanya, sate disini tidak ditusuk menggunakan potongan bambu melainkan dengan jeruji sepeda. Iya benar, jeruji sepeda digunakan untuk menusuk potongan-potongan sate tersebut. Bukan ngasal, jeruji sepeda dipercaya dapat menghantarkan panas dengan lebih baik sehingga potongan daging pada sate bisa matang sampai ke dalam.

Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu warung Sate Klathak yang lumayan terkenal. Lokasinya berada di Imogiri Bantul. Warung ini memang tidak berada di tengah kota, namun demikian bukan berarti warung ini sepi pengunjung. Malahan, warung ini sering penuh oleh pengunjung. Para pengunjung tersebut ada yang berasal dari daerah setempat, ada juga yang berasal dari luar kota dan menyempatkan diri untuk mampir ke warung ini.

Saat kita memesan seporsi sate klathak, kita hanya akan mendapatkan dua tusuk sate saja. Iya, cuma dua tusuk. Meskipun demikian, satu tusuk sate klathak tersebut berukuran lumayan besar. Satu lagi perbedaan sate Klathak Pak Pong dengan sate lainnya, pada sate lainnya biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate klathak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar. Menariknya, meskipun sate klathak berbahan dasar daging kambing, namun tidak ada aroma ‘prengus’ khas daging kambing. Dagingnya juga empuk, mungkin karena efek dibakar dengan jeruji sepeda.

Selain sate klathak, Warung ini juga menyediakan menu lain seperti Gule Kambing, Tongseng, dan Thengkleng. Menunya tidak jauh-jauh dari kambing. Sayangnya untuk anda yang tidak bisa makan atau tidak menyukai daging, pilihan makanannya menjadi sangat terbatas. Nasi goreng bisa menjadi satu-satunya pilihan untuk dipesan.

Lokasi

Sate Pak Pong
km 10, Jl. Imogiri Tim., Wonokromo, Pleret, Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Sate Klathak Pak Pong

Galeri Sate Pak Pong