Tips Menjalankan Ibadah Puasa Sekaligus Diet

Bulan Ramadhan merupakan waktu dimana orang yang menunaikan ibadah puasa, khususnya umat Islam akan menjalankan puasa selama sebulan penuh. Puasa bikin berat badan turun? Gak juga. Banyak kasus dimana orang yang berpuasa berat badannya malah naik. Kalau ini yang terjadi, bisa dipastikan kalau puasanya tidak sehat. Banyak kejadian orang yang berpuasa balas dendam dengan makan porsi besar pada saat berbuka. Hal ini tentu saja berpotensi membuat berat badan naik, apalagi setelah makan kekenyang lalu tidur. Jadi apa yang harus dilakukan agar puasa yang kita lakukan bisa sekalian untuk menjaga atau menurunkan berat badan? Coba simak beberapa tips berikut ini :

sari-kurma

1. Jangan Tinggalkan Sahur

Jika anda berpikir tidak sahur dapat menjadikan penurunan berat badan menjadi optimal, maka anggapan anda salah. Justru sebaliknya, Ketika tidak sahur, tubuh akan menuntut konsumsi kalori dan gula dalam jumlah besar. Sehingga akibatnya ketika berbuka di sore hari, kita akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

2.  Perbanyak konsumsi air putih

Walaupun sedang berpuasa, tetap jaga asupan air putih yang kita minum tetap cukup (8 gelas sehari). Perbanyak minum air putih ketika sedang sahur dan berbuka agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3.  Batasi Karbohidrat

Kebanyakan orang berpikiran makan banyak saat puasa akan memastikan energi mereka tetap terjaga. Padahal tidak demikian, karbohidrat yang berlebihan di dalam tubuh hanya akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

4. Jaga asupan Gizi selama Berpuasa

Tubuh masih memerlukan gizi yang cukup, oleh karena itu pastikanlah makanan yang anda konsumsi dapat mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Perbanyakan makan sayur dan buah-buahan.

5. Tetap lakukan olahraga

Meski sedang berolahraga, usahakan bahwa anda tetap melakukan kegiatan berolahraga. Tentunya anda harus memperhatikan olahraga apa yang cocok dilakukan pada saat sedang menjalankan ibadah puasa. Lari keliling lapangan pada saat siang hari di bawah terik matahari tentunya tidak disarankan. Untuk itu, pilihlah olahraga ringan seperti jogging menjelang berbuka.

6. Usahakan Menyempatkan Diri Untuk Tidur Siang

Coba luangkan waktu 30 menit saja untuk tidur siang pada saat Puasa. Meski singkat, cara tersebut sangatlah baik untuk memulihkan kondisi tubuh dan mengoptimalkan metabolisme. Jangan lupa juga, TIDUR ADALAH IBADAH BAGI ORANG YANG BERPUASA!

Tapi jangan kebanyakan juga ya tidurnya

7. Awali Berbuka Dengan Makan yang Manis

Meskipun begitu, pilihlah dengan bijak makanan atau minuman manis yang akan anda konsumsi. Gula tebu olahan bukanlah pilihan tepat, apalagi jika berlebihan. Pilihlah gula misalnya dari sumber buah-buahan. Kurma adalah pilihan favorit untuk membatalkan puasa.

8. Jangan Langsung Makan Berat

Hindari langusng makan berat, apalagi porsinya banyak. Jangan langsung tidur setelah makan malam kerana hal ini dapat menyebabkan berat badan naik. Selain itu, hal ini juga akan menjadikan pencernaan menjadi lancar.

referensi :

http://infokesehatankita.com/diet-dengan-puasa-cara-cepat-turunkan-berat-badan/

http://dietcepatdansehat.com/tips-diet-berhasil-saat-puasa/